Pusat Oleh - oleh Istana Kue 7: Oleh - oleh Di Kota Cilacap

Friday 24 June 2016

Oleh - oleh Di Kota Cilacap

Makanan Khas Cilacap – Berkunjung ke Cilacap, tak lengkap rasanya apabila tidak membawa oleh-oleh untuk orang yang ada di rumah. Sebagai kawasan yang cukup potensial, Cilacap memiliki banyak sekali makanan khas yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Biasanya oleh-oleh khas Cilacap tersebut banyak dijual di toko oleh-oleh. Lantas apa saja ya makanan khas Cilacap yang bisa dibawa pulang?


Oleh-Oleh Khas Kota Cilacap Jawa Tengah
1. Kripik sukun atau stik sukun
Oleh-oleh khas Cilacap yang terakhir adalah kripik sukun. Buah sukun di Cilacap diolah menjadi keripik dan stik renyah. Rasa dari makanan satu ini adalah gurih agak sedikit manis. Karena mengandung kalori yang rendah, kripik dan stik sukun sangat cocok dinikmati untuk mendukung program diet  selama tidak berlebihan
Itulah beberapa makanan khas Cilacap yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh saat mengunjungi kota kecil dekat nusakambangan ini. Untuk masyarakat asli cilacap bisa membawa makanan diatas sebagai oleh-oleh saat mengunjungi saudara atau teman di luar kota.
2. Nopia
Nopia merupakan makanan khas Bayumas sekaligus Cilacap yang berbentuk bulat, warna putih, dan berisi gula merah. Nopia sangat cocok sekali digunakan sebagai oleh-oleh. Rasa dari kue ini adalah manis bercampur kelembutan.
3. Abon Tuna
Ikan tuna di Cilacap tak hanya populer dijadikan sebagai sambal saja, tetapi juga dibuat menjadi abon. Berbeda dengan abon pada umumnya, abon khas Cilacap cenderung lebih lembut dan menyatu dengan lidah.
4. Terasi
Hampir setiap daerah yang ada pantainya pasti menyediakan oleh-oleh terasi, begitupun dengan Cilacap. Terasi khas Cilacap sangat cocok sekali untuk dibuat menjadi sambal. Apalagi akan semakin nikmat apabila Anda konsumsi bersama ikan asin.
5. Lanting
Lanting dibuat dengan menggunakan bahan dasar singkong. Bentuknya bulat bolong ditengah, adonan singkong yang telah dibentuk kemudian digoreng hingga kering menjadi makanan kering, cocok menemani saat santai menonton tv atau sambil membaca. Di Adipala banyak pembuat lanting yang kemudian makanan ringan ini didistribusikan ke toko-toko di seluruh pelosok cilacap.
6. Sale pisang
Sale pisang dibuat dengan cara menggunakan irisan buah pisang segar. Biasanya sale dibuat dengan menggunakan bahan dasar pisang raja dan ambon. Anda bisa memilih sale pisang goreng original, dengan taburan keju, ataupun coklat.
7. Kerupuk Tengiri
Kerupuk ini memiliki bentuk bulat berwarna cokelat dengan tekstur yang lembut saat dimakan. Saat ini kerupuk tengiri banyak dijual diberbagai daerah di Indonesia tetapi anda bakal kangen setelah merasakan kerupuk tengiri khas cilacap karena kerupuk tengiri disini lebih renyah, padat, gurih dan sangat terasa ikan tengirinya.
8. Sambal Tuna
Tidak hanya diasinkan saja, tetapi beberapa ikan seperti tuna juga dibuat menjadi sambal yang enak. Biasanya sambal tuna banyak dijual dalam kemasan kaleng. Rasanya yang pedas dan gurih dengan aroma yang menggugah selera sangat cocok untuk teman makan nasi hangat dan lauk-pauk lainnya.
9. Kripik tempe dan kripik bayam
Bagi Anda yang ingin camilan sehat, maka silahkan untuk memilih oleh-oleh kripik tempe dan kripik bayam. Meskipun tergolong sederhana, tetapi rasanya yang gurih akan membuat lidah Anda tak berhenti memakannya. Kripik tempe dan kripik bayam bumbu khas cilacap dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko oleh-oleh yang tersebar di kota cilacap


No comments:

Post a Comment